Rekomendasi Tempat Makan di Cilegon – Serang

Meskipun Cilegon kota kecil, variasi kuliner di Cilegon sekarang udah mulai beragam. Gue mau ngereview beberapa tempat makan dan restoran yang enak dan asik di Cilegon. Mudah-mudahan bisa jadi tambahan refrensi buat yang lagi nyari tempat kuliner di Cilegon dan Serang. Semua penilaian di bawah ini subjektif dari gue.

● instagram: @amirajes

  • Sari Kuring, Saung Edi, Saung Grogol

Karena pemiliknya sama, variasi menunya juga cenderung sama, jadi reviewnya gue gabung aja. Secara lokasi ketiga tempat ini mudah dijangkau karena ada di jalan utama, baik di kota Cilegon maupun yang cabang Serang. Untuk jenis makanannya beragam, makanan sunda dan banyak pilihan lain. Nuansa kalo makan di ketiga resto ini pasti nyaman karena ada saung lesehannya.

Makanan yang jadi favorit gue kalo ke tiga tempat ini adalah sop asparagus. Sejauh ini yang jual sop asparagus enak di Cilegon Serang di resto ini, kalo di tempat lain kurang nendang.  Selain itu kalo ke Saung Grogol patut nyobain nasi liwetnya, enak banget sumpah, apalagi kalo makannya dicampur sambel gledek, makannya bisa sampe merem melek.

  • Chicken Win

Restoran Korea dengan spesialiasi ayam ini ada di salah satu ruko Cilegon Green Megablock, satu deretan sama Greenotel dan Cilegon Green Megablock Waterpark. Tempatnya enak, nyaman, rasanya juga engga seekstrem makanan Korea asli, masih cocok di lidah gue yang Indonesia sekali. Sayang harganya lumayan mahal untuk standar Cilegon. Untuk kehalalannya gue engga bisa jamin.IMG_20141028_125347.jpg

  • Midori

Restoran Jepang yang ada di jalan raya Anyer, kalo dari Cilegon ada di sebelah kiri, setelah Pasar Anyer dan sebelum lokasi wisata pantai Anyer. Midori ada di satu lokasi sama saung Anyer, jadi bisa mesen menu makanan Jepang dari Midori tapi makannya di saung lesehan. Kalo pengen makan indoor juga interiornya bagus, ada ruang lesehan ala Jepangnya juga. Tempatnya luas banget, bisa buat anak-anak lari-larian dan ada mainannya juga.

Makanan Jepang di Midori enak semua, berbagai menu pernah gue coba dan semuanya selalu bikin puas, apalagi ramennya. Untuk sea food dari Saung Anyernya juga lumayan. Untuk restoran Jepang di daerah Cilegon-Serang Midori favorit gue.

  • Sego Pecel Waras Farm

Buat yang lagi nyari suasana makan yang berbeda di Cilegon bisa ke Sego Pecel Waras Farm ini. Tempatnya enak, makan sambil liat gunung, adem. Lokasinya ada di Cikerai, dari SMAN 3 Cilegon lurus aja sedikit lagi nanti keliatan tempatnya yang banyak pohon-pohonnya di sebelah kiri. Memang variasi makanannya kurang beragam, adanya sego pecel, indomie rebus, baso, tapi kalo buat suasana tempat ini megang. Disini bentuknya lesehan, buat yang punya anak kecil bisa sekalian bawa anaknya jalan-jalan kalo kesini

Karena selain tempat wakan, lokasinya sekaligus perkebunan dan jual tanaman banyak banget. Kalo buah naganya lagi berbuah, kita bisa beli langsung metik dari pohonnya. Jadi kalo pengen beli buah-buahan langsung metik dari pohonnya ga usah jauh-jauh ke Bandung, di Cilegon juga bisa.

20161206_122839.jpg

Last visit, bawa mahasiswa outing class.

  • Simpang Raya Sea Food Merak

Restoran Simpang Raya identik sama masakan padang, tapi Simpang Raya yang ada di jalan Cikuasa Atas Merak ada masakan sea foodnya juga. Jadi Simpang Rayanya kebagi dua section, masakan Padang di bawah, dan sea food naik lagi ke atas di sebelah kiri. Untuk rasa makanan ga perlu dibahas ya karena kalo ngomongin Simpang Raya pasti makanannya enak.

Nilai plus makan disini karena saung-saung lesehannya hadap ke laut, terus posisinya ada di dataran tinggi dan di atas jalan raya, viewnya bagus makan sambil liat kapal. Recomended.

  • Hotspot Cafe

Rasanya ini cafe yang lagi ngehits banget di Cilegon, ibaratnya belum kekinian kalau belum ke hotspot. Disini ada monster burger, ada pizza yang gede banget juga. Tempatnya asik buat ngafe-ngafe cantik. Lokasi di depan Hotel Grand Krakatau, samping Ramayana Cilegon. Cafenya ada di lantai 2 dan 3, masuknya lewat tangga di samping kantor pos.

PhotoGrid_1492177189075.png

Monster Burger – Hot Spot Cafe

  • Break Point – Bona

Di Break Point konsepnya kaya food court gitu jadi banyak tenant nya. Pilihan makanannya banyak. Outdoor, adem, asik lah pokoknya.

photogrid_1501857190074.jpg

Suasana Break Point di malam hari

  • Cilegon Green Megablock

 Actually gue belum tau tempat ini namanya apa, Food Container, maybe? Karena konsepnya kaya gitu. Pilihan makanannya lumayan banyak, harganya juga murah-murah kaka, enak-enak lagi makanannya. Dari pinggir jalan utama juga keliatan,  karena emang posisinya di depan Green Megablock.

  • Orenji

Restoran Jepang di sebrang Giant Serang ini dulunya ada di Cilegon Bussiness Square, tapi tutup terus pindah ke Serang. Enak-enak makanannya, suasanananya juga cozy.

  • Rumah Kampung

Rumah Kampung mengusung konsep rumah makan siap saja dengan cita rasa masakan sunda. Agak-agak mirip konsepnya sama restoran Ampera. Tempatnya enak ada di tengah kota Serang, kalo dari ramayana Serang belok kanan terus lurus aja tempatnya ada di sebelah kanan sebelum BBC Serang. Makanan rekomendasi gue adalah bebek dan puyuh goreng.

  • Bebek Samudra

Makan bebek goreng sama sambel mangga Bebek Samudra jamin bikin nagih. Tempatnya ada di pinggir jalan Serdang.

  • Bakso Yayu Gemi

Bakso Yayu Gemi ada di samping rel kereta daerah Blok C Cilegon, masuknya bisa lewat jalan samping Dunkin Donat. Bakso Yayu Gemi salah satu tempat makan bakso paling lama di Cilegon, udah ada dari zaman gue kecil. Sekarang sih yang ngelola udah generasi selanjutnya, tapi masih enak rasanya. Beda Bakso Yayu Gemi sama bakso lain di Cilegon adalah kacang tanah gorengnya, karena disini baksonya dicampur kacang.

  • Mie Pangsit belakang Matahari Lama

Tempat Mie Pangsit ini jadi satu sama martabak Hokky Jombang. Bukanya cuma pagi sampe sore doang, soalnya sore tempatnya dipake martabak Hokky. Gue suka banget mie pangsit disini, pangsitnya rebusnya gede dan lembut. Lokasinya ada di belakang gedung matahari lama, di deretan toko kain Dwi Jaya a.k.a cekayu.

  • Sate Padang Belakang Ramayana

Sejauh ini gue udah nyoba berbagai macam rasa sate padang di Cilegon, sate padang belakang pintu ramayana Cilegon ini yang jadi favorit gue.

  • D’Cost – Ramayana Cilegon

Suka banget sama cumi telor asin di D’Cost.

  • Sop Kepala Sapi

Lokasinya ada di jalan temu putih yang bisa masuk dari jalan samping Dunkin Donat. Gue merupakan salah satu penggemar berat Sop Kepala Sapi disini, kayanya sebulan ga makan Sop Kepala Sapi kaya ada yang kurang.

  • Rischoco

Cafe yang ada di pinggir jalan arah ke BBS 2 Cilegon. Menu utamanya es krim yang mangkoknya dari coklat, bisa dimakan. Makanannya enak-enak.

  • Pecak Bandeng Sawah Luhur

Di daerah Sawah Luhur ada beberapa rumah makan pecak bandeng yang emang khas daerah situ. Tempatnya kalo dari pusat kota Serang emang agak jauh, tapi enak sih makan disana. Rasa pecak bandengnya lumayan.

  • Bebek Goreng Pak Ndut

Buat yang suka bebek goreng yang garing di Pak Ndut daerah Damkar Cilegon ini bebek gorengnya enak.

  • Sate dan Sop Asmawi

Sate dan Sop Asmawi bisa dijumpai di seantero Cilegon, karena cabangnya dimana-mana. Gue suka Sop Buntutnya.

  • Martabak Hokky

Martabak Hokky juga bisa dijumpai seantero Cilegon, karena cabangnya dimana-mana. Sebenernya dibanding martabak Hokky gue lebih suka martabak royal, sayang sekarang udah ga jualan. Padahal martabak royal favorit gue dari zaman kecil. Pas hamil pengen makan martabak royal tapi ga pernah buka, ternyata sampe sekarang udah ga jualan lagi 😦

  • Restoran Korea

Di Cilegon ada banyak pake banget restoran korea. Pernah beberapa kali juga nyoba makan di restoran yang berbeda. Tapi walaupun suka sama korea-koreaan tapi kayanya gue kurang cocok sama makanan korea, jadi ga bisa merekomendasikan mana yang paling enak. kalo secara interior resto Korea yang di belakang dunkin donat tempatnya bagus, resto yang lain di damkar, grogol juga bagus-bagus. Satu-satunya restoran Korea yang makanannya agak cocok di lidah gue cuma Mujigae, pernah makan sekali di Mal Lippo Karawaci.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan di daerah sekitar Cilegon dan Serang, semoga bermanfaat.

Advertisements

8 comments

  1. terimakasih infonya teh. sangat bermanfaat. hehe

    1. Thank you aaria 🙂

  2. Kalo di Serang-Cilegon belum ada resto seafood yg cara penyajiannya tanpa di piring/cuman pake alas di atas meja kyak di Holly Crab atau Dancing Crab??
    Info nya yaa teh 😉 btw makasiih jadi pengen nyoba satu2

    1. Belum ada kayanya yg kaya gitu 😁

  3. Hotspot juga enak2 makanannya cuman kalo malem agak keganggu sama jedak-jeduk dari New Saiki :v

    1. Iya nih harus di update lagi, udah lama engga ngeblog 😂 banyak banget tempat makan baru & cafe2 seru di cilegon

  4. Udah pernah makan di Joglo Steak Cilegon belum? Lokasinya di Damkar. Original Steaknya enak…kalau ke sana minta dibuatin yg medium….dagingnya empuk, rasanya nendang…

    1. Belum pernah 😀 nanti dicoba. Thanks buat rekomendasinya 😃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: