Benjolan di Kepala Bayi

Beberapa hari setelah Al lahir, gue baru menyadari kalo ada benjolan di kepalanya Al. Waktu kontrol pertama ke Bidan, seminggu setelah kelahirannya, gue sempet nanya ke Bidan tentang benjol di kepalanya. Bidan bilang nanti juga ilang sendiri benjolannya, ditunggu aja sampe tiga bulan kalo ga ilang-ilang nanti dirujuk ke dokter bedah. Ay sama Ibu yang waktu itu ikut nganter langsung kaya agak gimana gitu ngedenger kemungkinan terburuk kalo bayi sekecil itu harus dibedah, di kepalanya pula.

20151222_081447

Al umur dua bulan, keliatan kan benjolannya lumayan gede.

Tentang benjol di kepalanya Al, bidan cuma pesen untuk jangan dipegang-pegang biar ga ngerangsang benjolnya jadi tambah besar. Tapi tau sendiri kan gimana ibu-ibu di Indonesia yang keponya luar biasa? Setiap ada orang yang liat kepalanya Al benjol, mereka kaya otomatis gitu mencet-mencet benjolan itu sambil bilang β€œini kalo mandi harus dipencet-pencet gini nih (tangannya sambil mencet benjolan di kepala Al) biar cepet kempes.” Gue sebel dong ya, la orang sama Bidannya ga boleh dipencet-pencet, kita orang rumah sangat hati-hati dengan benjolan itu biar ga tambah besar, eh malah orang diluaran seenaknya langsung mencet-mencet sok tahu.

Menurut mereka namanya bayi semuanya bisa diperbaki. Misalnya kalo ada bayi yang hidungnya pesek, ditarik-tarik biar mancung, kalo yang bibirnya lebar langsung dipencet-pencet biar kecil. La kalo emang itu bisa berhasil, maka semua orang ga ada yang pesek dong. Gue sih ga terlalu masalah ya kalo hal begituan, selama ga ada efek buruk ke bayinya. Untungnya Al mancung, jadi ga ada yang narik-narik hidungnya Al. Sedangkan bayinya tetangga yangΒ  berhidung pesek harus terima nasib dtarik-tarik hidungnya setiap ketemu ibu-ibu. Kasihan bayi-bayi disini, seolah semua harus sempurna sesuai standar kecantikan di masyarakat.

Berbeda halnya dengan benjolan di kepala Al yang bisa berefek kalo dipegang-pegang, apalagi dipencet-pencet asal kaya yang orang-orang lakuin. Setiap ada yang nanya (sambil mencet) tentang benjol di kepalanya al, gue cuma bilang gapapa tapi kata Bidannya ga boleh di pegang-pegang. Tapi ga sedikit orang (terutama ibu-ibu) yang defensif bilang kalo benjolan itu harus dipencet. Hal-hal kaya gini sebenernya pelajaran juga buat diri gue biar engga sok tahu dan mencoba mengerti kalo setiap bayi berbeda, baik karakter maupun keadaan fisiknya, jadi jangan dipukul rata sama apa yang biasa terjadi di lingkungan. Sama halnya kaya gue yang sering diomongin ibu-ibu tentang cara pengasuhan gue ke Al yang menurut mereka salah, mungkin bakal gue bikin di post lain.

Gue sempet nyari refrensi di internet buat nyari tau benjolan apa sebenernya di kepala Al karena bidannya ga jelasin. Gue curiganya benjolan ini Chefal Hematoma, tapi kata temen gue bukan. Gue disuruh ke dokter anak aja biar jelas. Karena gue takut akan kemungkinan terburuk, gue ga mau buru-buru periksa ke dokter anak. Tapi gue sambil nunggu tiga bulan berjalan aja berharap ada keajaiban benjolan di kepala ini bakal hilang dengan sendirinya.

Ditunggu sampe tiga bulan, ternyata benjolan itu ga hilang-hilang, justru agak membesar karena kepala Alnya juga mulai besar. Karena dulu Bidan bilang kalo tiga bulan benjolannya ga hilang Al harus dirujuk ke dokter bedah, gue milih nyari second opinion ke dokter anak. Setelah diperiksa, kata dokter anaknya engga apa-apa, benjolannya masih dalam batas toleransi. Tapi hal ini emang bikin bentuk kepala Al jadi kurang bagus. Kecuali benjolnya yang sampe mengganggu baru harus dibedah. Gue sama suami penasaran sebenernya benjolan ini apa, karena dulu bidannya engga ngejelasin tentang penyebabnya, cuma bilang bakal hilang sendiri. Ternyata kata dokter anak benjolan di kepala Al ini karena gue salah ngeden pas ngelahirin Al.

Sekarang kepala Al masih benjol. Tapi udah ga sejelas dulu, mungkin karena kepalanya udah gede juga ya jadi keliatan udah rata dan sama tinggi. Walaupun kalau diperhatiin emang masih keliatan benjol. Yang penting Al sekarang baik-baik aja meskipun kepalanya benjol, sehat terus ya Al.

Advertisements

24 comments

  1. Wah, aku kalo liat benjolan pasti langsung inget ke prosedur-prosedur bedahnya Dr. Sandra Lee di youtube. Makanya pertama liat foto adek bayinya, aku langsung ngeri kebayang macem-macem. Tapi pas baca di akhir kalau ternyata benjolannya masih normal, akhirnya langsung menghela nafas lega deh. Semoga anak kamu sehat selalu yah Miir! πŸ˜‰

    1. Iya semoga sehat selalu, aamiin.
      Belum pernah liat prosuder bedah dr. Sandra Lee, nanti mau liat juga nih kaya gimana. Tapi pernah nonton prosedur operasi caesar di youtube, serem banget liatnya, bikin parno kalo orang hamil yang liat.

      1. Aamiin semoga yaa!
        Wah, aku justru malah masih nggak berani liat prosedur operasi persalinan. Entah itu normal ataupun caesar, ngedengernya aja aku ngilu Mir >_<

        1. Mendingan ga usah liat Una. Karena keliatannya serem pas nonton, padahal pas dijalanin ga seserem itu, soalnya kitanya ga ngeliat, hahaha.

          1. Hahaha iya MIr nanti takutnya malah jadi parno ya nggak mau mengandung, karena udah takut duluan bakal dioperasi. Masalahnya masih belum berkeluarga nih repot juga ntar :))

            1. Huohoho didoain cepet berkeluarga >.<

              1. Wahahaha asiik didoain, AAMIIN deh yaa! :))

  2. rendy · · Reply

    persis sama bayi ku sis

    1. Penyebabnya sama juga ga sis?

  3. Reffiana · · Reply

    Mba persis sma kaya anakku, aku takut smpet khawatir krna anakku cwe, kta tmn yg anaknya sma kaya ankku katanya suruh diuyel2 pda saat mandi soalnya tulanv bayi msh muda, tpi aku suka takut gmn ya mba solusinya?

    1. Jangan di uyel2 mba, ga boleh kata dokternya.
      Saya juga sama tetangga disuruh mencet2 biar rata katanya, tapi kata dokternya jangan disentuh2, akhirnya saya biarin aja. Nanti lama2 juga agak rata sendiri mba, cuma emang bentuk kepalanya ga bulet sempurna.

  4. Kartiko W · · Reply

    sekarang gimana benjolannya mbak?? anak saya juga gitu umur 3 bulan, tapi alhamdulillah sehat2 aja

    1. alhamdulillah anak sy juga sehat2 aja mas, sudah 1 tahun.
      Benjolannya tetap ada, tapi udah ga sebesar dan sekentara dulu.

  5. tiffany · · Reply

    kalo boleh tau benjolannya keras gak mbk ? anak saya benjolannya keras. dulu lembek skrg keras dan posisi di atas kepala jadi kliatan banget. skrg masi umur 2bln

    1. Tadinya lembek banget mba, sampe risih takut kesentuh tapi emang ga boleh dipegang juga. Tapi lama2 benjolannya jadi keras ngikutin tempurung kepalanya yang berangsur keras.
      Sekarang udah 1 tahun lebih masih kelihatan bentuk kepalanya ga rata πŸ™‚ masih keliatan benjolnya, tapi kalo ngeliat sekilas ma ga terlalu keliatan πŸ™‚

  6. tiffany · · Reply

    kalo benjolan anak saya di bagian atas depan keliatan banget mbk besar juga. kasian klo sampe gakbisa hilang. kayaknya emang udah jadi tulang.

    1. Mungkin kalo terlalu mengganggu bisa konsul ke dokter anaknya mba untuk solusi yg lebih baik πŸ™‚

  7. kata dsa anakku bakalan ilang mbk ( meriksanya sih gak pake d pegang jadi kurang yakin) klo menurutku ini tulang mbk soalnya dibawah benjolannya atau kepala sebeah kanannya peyang banget. kepala anak mbk peyang juga gak ?

    1. Kalo anak saya peyang si engga, tapi ga rata gitu sekarangnya

  8. Sama kayak anak aku mba
    Sekarang udah umur 3 bln stgh tapi alhamdulillah anak aku sehat
    Mau tanya mba dulu anaknya brp bulan bisa ngangkat kepalanya?
    Anak aku udah bisa tpi mash kelihatan berat pas debaynya ngangkat kepala

    1. kayanya umur 3 bulan, tapi masih suka jatuh-jatuh

  9. ini sama kaya anakku…waktu lahir kepala sebelah kanannya lembek kaya memar kebentur tapi sekitar 2-3 bulan jadi keras karena adanya kalsium di darah sudah jd tulang…sebetulnya ada opsi waktu masih lembek bisa di sedot cairan/darahnya tapi dulu salahnya saya ga minta second opinion..tapi baca2 di internet kalo sefalhematom disedot bisa malah ada kemungkinan infeksi karena adanya intervensi jarum ke kepala di usia belia…sefalhematom beda dengan caput..kalau caput emang bisa resolved sendiri dengan diuyel2 tiap mandi (like ibu2 jaman dulu bilang), tapi kalo sefalhematom ga semudah itu dan biasanya posisinya hanya di salah satu bagian kepala kanan atau kiri….awal2 sempet stres karena liat anak bayi dengan benjolan bawaaannya bikin khawatir…apalagi bikin kepalanya ga rata…Alhamdulillah anak saya rambutnya tebal dan tidak ada pengaruh buruk ke kesehatan maupun perkembangan lainnya….mungkin untuk Ibu2 yang usia anaknya masih itungan minggu dan punya kasus serupa bisa minta second/third/fouropinion sampai betul2 mendapatkan jawaban yang memuaskan dari dsa..karena dulu saya sempet nyesel waktu dibilanin ditunggu aja nanti juga benjolannya hilangsendiri, when in fact it didn’t…Anak saya sekarang umur 4 tahun, sehat dan aktif tanpa kurang suatu apapun…benjolannya memang tidak mengecil tapi seiring bertambah besar badannya, ukuran tengkorak kepala akan ikut membesar sedangkan ukuran sefalhematomnya tetap…memang tidak akan bulat sempurna akan tetapi paling tdk bisa berkurang kekhawatiran dibully teman2nya…

    1. Thank you untuk sharingnya bunda eshan πŸ™‚

  10. Rere renita · · Reply

    Memang sih bu kalo soal bentuk kepala bayi semua org beda beda termasuk yg riwayat sefalhematom tp paling tidak kita bisa mengusahakan biar rambut anaknya tetlihat lbh tebal.. jd kan ga terlalu menonjol. Kbetulan saya punya tetangga ibu2 sekitar umur 27 thnan ,dia jg dulunya pernah ngalamin sefalhematom malah benjolnya multi ( kanan kiri) tp sekarang ga keliatan seiring bertmbhnya usia dan juga rambut yg semakin menebal. So positif thinking aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: